PESAWAT TERBANG

Bagaimana Cara Kerja Pesawat Terbang?
 benny
 March 15, 2015
 Tekno

Pesawat terbang menjadi salah satu alat transportasi praktis yang dapat digunakan oleh umat manusia. Bukan hanya antar kota atau antar propinsi saja, bahkan antar negara Anda bisa sampai hanya dengan waktu yang singkat. Pesawat terbang menjadi penemuan yang sangat berpengaruh pada peradaban umat manusia, lalu bagaimana cara kerja pesawat terbang itu sendiri? Apakah Anda ingin tahu dengan cara kerjanya. Tentu bukan hanya untuk digunakan saja, Anda juga perlu untuk mengetahui bagaimana cara kerja dari pesawat terbang. Baca juga Pesawat temput tercanggih.

Beberapa waktu terakhir, kita memang dihebohkan dengan berbagai kecelakaan pesawat terbang, berbagai media membahas tentang bagaimana proses jatuhnya pesawat, komponen, juga cara kerjanya yang kadang kurang kita pahami. Hal yang membedakan pesawat terbang dengan alat transportasi lain tentu adalah kerjanya yang menjadi alat transportasi dengan mengudara, terkadang mungkin kita terheran-heran bagaimana bisa kendaraan yang terbuat dari besi ini bisa terbang di ketinggian.

Semua jenis pesawat, baik pesawat capung atau pesawat super jumbo layaknya Airbus A380 memiliki prinsip dasar atau cara kerja pesawat terbang yang sama untuk bisa terbang. Kemampuan terbang ini dipengaruhi oleh gaya-gaya aerodinamis, diantaranya gaya angkat, gaya hambat, gaya dorong, dan gaya berat. Berbagai komponen yang ada pada pesawat memiliki fungsinya masing-masing. Untuk bisa membuat pesawat terbang yang memegang peran kuncinya adalah komponen sayap pesawatnya. Selama penerbangan udara mengalir ke atas juga ke bawah. Udara yang mengalir di atas sayap lebih cepat dari udara yang mengalir dibawah sayap, sehingga tekanan udara di atas pesawat lebih rendah. Disaat yang sama pula udara di bawah sayap dibelokan ke bagian bawah, dengan demikian terjadi gaya angkat udara berdasarkan prinsip aksi-reaksi. Gaya dorong ini yang dibutuhkan pesawat untuk terbang.

Nah itu sedikit ulasan tentang bagaimana pesawat yang Anda tumpangi bisa terbang. Bukankah sangat cerdas manusia yang mampu menemukan teknologi yang demikian? Tidak menutup kemungkinan suatu saat akan tercipta teknologi di bidang transportasi yang lebih canggih dibandingkan dengan pesawat terbang. Dengan alat transportasi yang memiliki prinsip kerja canggih kini Anda bisa bepergian ke berbagai tempat bahkan dalam waktu sehari.

Dengan menggunakan pesawat Anda akan lebih praktis dibanding dengan transportasi lain karena dapat menempuh jarak jauh secara singkat dan juga tanpa macet. Namun ada sedikit kelemahan karena tidak bisa beroperasi di saat cuaca buruk. Cuaca juga dapat mempengaruhi kerja dari pesawat terbang yang kadang menjadi penyebab seperti kecelakaan pesawat. Walaupun demikian, pesawat terbang masih menjadi alat transportasi yang paling efektif. Demikian beberapa hal yang terkait dengan cara kerja pesawat terbang yang semoga bermanfaat untuk Anda. BAca juga Cara kerja mesin jet turbofan

devil

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s